Akibat Toilet Jongkok Setengah Dari Populasi Amerika Serikat Mengalami Hemorrhoid/Wasir Sebelum Mencapai Usia 50 Tahun


Masih ingatkah Anda saat masa kecil ketika masih tinggal di pedesaan. Ketika belum ada sarana sanitasi yang layak seperti saat ini, bila ingin buang hajat di sungai kita akan cik-cik-tu (ancik ancik watu), berjongkok diatas batu sambil menyatu dengan alam.

Dewasa ini, banyak orang lebih memilih menggunakan toilet duduk dibandingkan toilet jongkok. Sengaja berlama-lama duduk di toilet sambil membaca surat kabar pagi hari bukan lagi kebiasaan yang aneh untuk dilakukan. Namun seperti halnya kebiasaan lain, kebiasaan membaca dalam toilet juga memiliki dampak yang tidak baik, terutama kaitannya dengan kesehatan.

Mungkin banyak di antara Anda yang telah mengetahui kaitan antara kebiasaan mengejan dengan pembentukan hemorrhoid atau wasir. Namun tahukah Anda bahwa postur tubuh saat di toilet ternyata juga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi?

Secara definisi, hemorrhoid atau wasir adalah pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Kondisi ini tergolong jarang ditemukan di sebagian besar wilayah Asia, Timur Tengah dan Afrika.

Namun sebaliknya, kondisi ini justru sering ditemukan di negara-negara Barat. Di Amerika misalnya, sekitar setengah dari populasi akan mengalami hemorrhoid sebelum mencapai usia 50 tahun.

Mengenai hal ini, banyak peneliti yang berpendapat bahwa rendahnya insiden hemorrhoid di negara-negara berkembang adalah terutama terkait dengan konsumsi bahan makanan tinggi serat.

Akan tetapi hal ini masih belum dapat dibuktikan melalui penelitian, mengingat beragamnya bahan makanan yang tersedia saat ini, yang jenis dan jumlah konsumsinya tidak selalu sama.

Setelah ditelaah lebih lanjut, ternyata perbedaan insiden hemorrhoid tersebut terjadi bukan tanpa alasan, yaitu terkait dengan penggunaan toilet duduk.
Pada toilet ini, pengguna akan dipaksa mengejan untuk mendorong gerakan usus. Kebiasaan mengejan dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan merupakan salah satu faktor yang mendasari terbentuknya hemorrhoid.

Hal ini secara tidak langsung telah menjelaskan mengapa insiden hemorrhoid hampir tidak pernah ditemukan pada populasi Asia, Afrika, dan Timur Tengah, di mana kebanyakan dari para penduduknya masih menggunakan toilet jongkok untuk memenuhi panggilan alam mereka. Studi yang dilakukan oleh Dr. B. A. Sikirov pada tahun 1987 telah membuktikan kebenaran hipotesa ini.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hemorrhoid adalah sebuah hasil dari proses iritasi yang berkesinambungan akibat kebiasaan mengejan berlebihan dalam posisi duduk. Atau dengan kata lain, kebiasaan duduk yang terlalu lama dalam toilet merupakan salah satu faktor penting dalam pembentukan hemorrhoid yang tidak boleh dianggap remeh.

Senada dengan itu, seorang penulis Jerman telah mengguncang negaranya dengan teori barunya tentang bagaimana cara buang air besar yang sebenarnya. Dan kita semua sepertinya harus mulai belajar lagi dari bawah. Jika Anda baru saja keluar dari toilet, Anda kemungkinan besar melakukan buang air besar dengan cara yang salah.

Menurut Giula Enders, seorang penulis yang ahli menyoal BAB, kloset duduk yang kini merupakan sarana standar di rumah kita ternyata tidak baik untuk kesehatan perut kita. Buku yang ditulis Enders berjudul Darm mit Charme, yang diterjemahkan menjadi Perut yang Menawan, telah terjual sebanyak 200.000 eksemplar di negara asalnya. Dalam bukunya pembaca disuguhkan deskripsi dan gambaran bagaimana seharusnya cara BAB yang benar dan sehat.
Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan menunjukkan BAB akan lebih efisien jika kita dalam posisi jongkok. BAB dengan cara duduk akan membuat waktu BAB lebih lama dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti wasir dan gangguan usus. Ini sebabnya mengapa penyakit pencernaan seperti diversikular lebih banyak diderita orang Eropa daripada Asia.

Ternyata mekanisme penutupan usus mirip seperti rumah tertekuk, yang tidak dirancang untuk membuka sepenuhnya saat kita duduk atau berdiri.

Melakukan BAB dengan cara jongkok, ternyata merupakan posisi alami yang sehat dan akan mengurangi tekanan pada bokong. Ender menjelaskan bahwa 1,2 milyar orang diseluruh dunia yang melakukan BAB jongkok hidup lebih sehat karena hampir tidak memiliki riwayat penyakit pencernaan diversikular dan lebih sedikit menderita wasir.

Orang-orang barat dan penduduk perkotaan di Asia ternyata harus memeras jaringan usus lebih kuat karena melakukan BAB dengan cara duduk. Bagi yang terlanjur memiliki kloset duduk, menempatkan bangku kecil agar bisa jongkok mungkin bisa membantu, tapi intinya adalah; demi kesehatan, kita harus belajar lagi cara BAB yang benar.

Jadi wajar saja jika orang di pedesaan yang notabenenya masih menggunakan cara tradisional lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tinggal di perkotaan. Merasa artikel ini bermanfaat? Sebarkanlah ke temanmu. [Klikdokter]
DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment